Tenda

Definisi Tenda

Definisi Tenda Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia

Tenda adalah tempat pelindung yang terdiri dari lembaran kain atau bahan lainnya menutupi yang melekat pada kerangka tiang atau menempel pada tali pendukung. Beberapa tenda tidak perlu berdiri diatas tanah karena ada beberapa model tenda yang menggantung di pohon.

Tenda banyak digunakan oleh tentara maupun sebagai tempat penampungan korban bencana alam dan secara umum tenda digunakan untuk tujuan rekreasi. Tenda merupakan rumah bagi pendaki gunung, tempat kita melepas lelah setelah menempuh beberapa lama perjalanan mendaki suatu gunung, tenda juga melindungi kita dari cuaca yang kadang ektrim sekalipun.



Tenda biasanya mempunyai dua prinsip pelapisan perlindungan, yaitu dinding bagian dalam yang terbuat dari bahan yang bernafas (breathable) atau bahan non-waterproof dan dinding luar (flysheet) yang terbuat dari bahan yang anti air. Ini bertujuan mengatasi faktor kondensasi yang dihasilkan oleh tubuh dan beberapa aktifitas di dalam tenda. Kondensasi terjadi karena hawa panas yang dihasilkan oleh tubuh dan atau memasak di dalam tenda, jadi untuk mengatasi hal tersebut diperlukan dinding dalam tenda terbuat dari bahan yang non waterproof, agar hawa panas tersebut bisa keluar.

Jenis Tenda

Tenda Bivak

Bivak adalah tenda berlindung yang sifatnya sementara (darurat) gunanya untuk melindungi kita dari cuaca buruk. Bivak biasanya dibuat dengan jas hujan poncho.

jas hujan bahan tenda
Jas Hujan

Tenda Dome

Tenda camping berjenis dome merupakan jenis tenda yang banyak penggemarnya. Walaupun secara kapasitas dan kekuatan tidak sekuat tenda pleton atau tenda yang biasa digunakan untuk kemah pramuka dan yang lain, tetapi tenda jenis dome ini punya banyak kelebihan yang layak untuk dipertimbangkan antara lain:

  • Ringkas, karena bisa masuk carier ataupun ransel harian
  • Ringan, dengan bobot yang hanya 2kg untuk dome paling sederhana hingga sekitar 4 kg untuk yang agak besar
  • Simpel, karena perlengkapan jadi satu paket/ tas (pasak, tali, frame/rangka, tenda, tas tenda)

Tenda Dome
Tenda Dome

Tenda Flysheet

Tenda flysheet adalah tenda pendukung yang bentuknya mirip tenda pramuka tetapi lebih sederhana karena biasanya tidak memiliki penutup samping.

tenda terbang
Tenda Terbang

Tenda Pramuka/Tenda regu

Tenda jenis ini adalah tenda yang paling banyak digunakan anak pramuka ataupun militer. Untuk mendirikan tenda ini dibutuhkan bebrapa orang dan jenis tenda ini lebih kuat dari tenda yang lain.

pabrik tenda pramuka
Tenda Pramuka

Tenda Pohon

Tenda jenis ini adalah tenda yang digantungkan di pohon.

tenda pohon
Tenda Pohon





Next Post Previous Post